TUGAS 2(DUA) Media Pembelajaran BAGAN

Terdapat dua jenis chart yaitu chart yang menyajikan pesannya secara bertahap dan chart yang menyajikan pesannya sekaligus. Chart yang menyajikan pesannya secara bertahap misalnya adalah flipchart atau hidden chart, sementara bagan atau chart yang menyajikan pesannya secara langsung misalnya bagan pohon (tree chart), bagan alir (flow chart), atau bagan garis waktu (time line chart). Bagan atau chart Berfungsi untuk menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit jika hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara visual.
Bagan juga mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari suatu presentasi. Dalam bagan biasanya kita menjumpai jenis media visual lain seperti gambar, diagram, atau lambanglambang verbal.
Ciri-ciri bagan sebagai media yang baik adalah:
1.    Dapat dimengerti oleh pembaca.
2.    Sederhana dan lugas tidak rumit atau berbelit-belit.
3.  Diganti pada waktu-waktu tertentu agar selain tetap mengikuti perkembangan jaman juga tidak kehilangan daya tarik.
BERBAGAI JENIS BAGAN
  • Hiden chart chart yang penyajiannya sebagian disembunyikan dulu atau ditunda 
  • Tree chart bagan yang bentuk komposisinya   menyerupai pohon.Terdiri dari batang , cabang, ranting-ranting. Biasanya untuk struktur organisasi, kantor, silsilah keluarga. 
  • Flow chart atau bagan arus, untuk menggambarkan alur proses, hubungan kerja. Bagan arur ibadah haji, umroh, nikah dsb.
  • Stream chart kebalikan dari bagan pohon, dari  yang luas menympit pada satu. Menggambarkan suatu produk yang terdiri dari berbagai bahan baku diproses menjadi satu pruduk tertentu.
  • Time line chart bagan garis waktu. Menggambarkan hubungan  antar peristiwa dan waktu. Tiap periode waktu ada peristiwa yang terjadi. Bagan waktu perkembangan alat tranportasi 
 untuk selengkapnya bisa didownload pada link berikut ini :http://www.4shared.com/file/MQSBU7PM/PTA_092514029-AZKAR_MEDIA_PEMB.html

1 komentar:

Unknown mengatakan...

trmksh infox ... brknjung jg di blog sya yah....

Posting Komentar